Monday, March 28, 2011

Antioksidan Vs Radikal Bebas

Aktivitas antioksidan dalam segelas air teh sama dengan 7 buah apel. Kalimat ini berasal dari iklan teh celup yang ditayangkan oleh televisi. Antioksidan di sini menjadi salah satu bahan persuasi terhadap konsumen agar membeli produk yang dipromosikan. Namun jika line layanan konsumen kurang memuaskan dalam menjawab segala sesuatunya tentang antioksidan, semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang berguna tentang antioksidan.
Antioksidan sebenarnya didefinisikan sebagai inhibitor yang bekerja menghambat oksidasi dengan cara bereaksi dengan radikal bebas reaktif membentuk radikal bebas tak reaktif yang relatif stabil. Tetapi mengenai radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit, akan lebih sesuai jika antioksidan didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif.
Efek berbahaya Radikal Bebas
Saat ini ditemukan bahwa ternyata radikal bebas berperan dalam terjadinya berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan radikal bebas adalah spesi kimia yang memiliki pasangan elektron bebas di kulit terluar sehingga sangat reaktif dan mampu bereaksi dengan protein, lipid, karbohidrat, atau DNA. Reaksi antara radikal bebas dan molekul itu berujung pada timbulnya suatu penyakit.
Efek oksidatif radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan penuaan dini. Lipid yang seharusnya menjaga kulit agar tetap segar berubah menjadi lipid peroksida karena bereaksi dengan radikal bebas sehingga mempercepat penuaan. Kanker pun disebabkan oleh oksigen reaktif yang intinya memacu zat karsinogenik, sebagai faktor utama kanker. Selain itu, oksigen reaktif dapat meningkatkan kadar LDL (low density lipoprotein) yang kemudian menjadi penyebab penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Akibatnya timbullah atherosklerosis atau lebih dikenal dengan penyakit jantung koroner. Di samping itu penurunan suplai darah atau ischemic karena penyumbatan pembuluh darah serta Parkinson yang diderita Muhammad Ali menurut patologi juga dikarenakan radikal bebas.
Tipe radikal bebas turunan oksigen reaktif sangat signifikan dalam tubuh. Oksigen reaktif ini mencakup superoksida (O`2), hidroksil (`OH), peroksil (ROO`), hidrogen peroksida (H2O2), singlet oksigen (O2), oksida nitrit (NO`), peroksinitrit (ONOO`) dan asam hipoklorit (HOCl).
Sumber Radikal Bebas
Sumber radikal bebas, baik endogenus maupun eksogenus terjadi melalui sederetan mekanisme reaksi. Yang pertama pembentukan awal radikal bebas (inisiasi), lalu perambatan atau terbentuknya radikal baru (propagasi), dan tahap terakhir (terminasi), yaitu pemusnahan atau pengubahan menjadi radikal bebas stabil dan tak reaktif.
Penjelasan mengenai sumber radikal bebas endogenus ini sangat bervariasi. Sumber endogenus dapat melewati autoksidasi, oksidasi enzimatik, fagositosis dalam respirasi, transpor elektron di mitokondria, oksidasi ion-ion logam transisi, atau melalui ischemic. Autoksidasi adalah senyawa yang mengandung ikatan rangkap, hidrogen alilik, benzilik atau tersier yang rentan terhadap oksidasi oleh udara. Contohnya lemak yang memproduksi asam butanoat, berbau tengik setelah bereaksi dengan udara. Oksidasi enzimatik menghasilkan oksidan asam hipoklorit. Di mana sekitar 70-90 % konsumsi O2 oleh sel fagosit diubah menjadi superoksida dan bersama dengan `OH serta HOCl membentuk H2O2 dengan bantuan bakteri. Oksigen dalam sistem transpor elektron menerima 1 elektron membentuk superoksida. Ion logam transisi, yaitu Co dan Fe memfasilitasi produksi singlet oksigen dan pembentukan radikal `OH melalui reaksi Haber-Weiss: H2O2 + Fe2+ ---> `OH + OH- + Fe3 +. Secara singkat, xantin oksida selama ischemic menghasilkan superoksida dan xantin. Xantin yang mengalami produksi lebih lanjut menyebabkan asam urat.
Sedangkan sumber eksogenus radikal bebas yakni berasal dari luar sistem tubuh, diantaranya sinar UV. Sinar UVB merangsang melanosit memproduksi melanin berlebihan dalam kulit, yang tidak hanya membuat kulit lebih gelap, melainkan juga berbintik hitam. Sinar UVA merusak kulit dengan menembus lapisan basal yang menimbulkan kerutan.
Penggolongan Antioksidan
Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan, sebelumnya kita perlu mengenal penggolongan antioksidan itu sendiri. Antioksidan terbagi menjadi antioksidan enzim dan vitamin. Antioksidan enzim meliputi superoksida dismutase (SOD), katalase dan glutation peroksidase (GSH.Prx). Antioksidan vitamin lebih populer sebagai antioksidan dibandingkan enzim. Antioksidan vitamin mencakup alfa tokoferol (vitamin E), beta karoten dan asam askorbat (vitamin C).
Superoksida dismutase berperan dalam melawan radikal bebas pada mitokondria, sitoplasma dan bakteri aerob dengan mengurangi bentuk radikal bebas superoksida. SOD murni berupa peptida orgoteina yang disebut agen anti peradangan. Kerja SOD akan semakin aktif dengan adanya poliferon yang diperoleh dari konsumsi teh. Enzim yang mengubah hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen adalah katalase. Fungsinya menetralkan hidrogen peroksida beracun dan mencegah formasi gelembung CO2 dalam darah.
Antioksidan glutation peroksidase bekerja dengan cara menggerakkan H2O2 dan lipid peroksida dibantu dengan ion logam-logam transisi. GSH.Prx mengandung Se. Sumber Se ada pada ikan, telur, ayam, bawang putih, biji gandum, jagung, padi, dan sayuran yang tumbuh di tanah yang kaya akan Se. Dosis Se yang terlalu tinggi bersifat racun.
Vitamin E dipercaya sebagai sumber antioksidan yang kerjanya mencegah lipid peroksidasi dari asam lemak tak jenuh dalam membran sel dan membantu oksidasi vitamin A serta mempertahankan kesuburan. Vitamin E disimpan dalam jaringan adiposa dan dapat diperoleh dari minyak nabati terutama minyak kecambah, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.
Sebagai antioksidan, beta karoten adalah sumber utama vitamin A yang sebagian besar ada dalam tumbuhan. Selain melindungi buah-buahan dan sayuran berwarna kuning atau hijau gelap dari bahaya radiasi matahari, beta karoten juga berperan serupa dalam tubuh manusia. Beta karoten terkandung dalam wortel, brokoli, kentang, dan tomat.
Antioksidan yang berasal dari sumber hewani walaupun menjadi penyumbang minoritas tetapi peranannya tidak dapat disepelekan begitu saja. Hal yang mengejutkan ada pada astaxanthin yang tergolong karoten. Menurut para ahli, astaxanthin 1000 kali lebih kuat sebagai antioksidan daripada vitamin E. Udang, ikan salmon, kerang merupakan sumber potansial astaxanthin. Tetapi kandungan astaxanthin terbanyak ada pada sejenis mikroalga, yaitu Haematococos pluvalis. Astaxanthinnya melindungi alga dari perubahan lingkungan seperti tingginya foto oksidasi ultraviolet dan evaporasi. Aktivitas antioksidan ini bekerja melawan lipid peroksida dan bahaya oksidasi LDL kolesterol maupun UV, serta membantu penglihatan, respon kekebalan, reproduksi dan pigmentasi bagi alga.
Sedangkan asam askorbat mudah dioksidasi menjadi asam dehidroaskorbat. Dengan demikian maka vitamin C juga berperan dalam menghambat reaksi oksidasi yang berlebihan dalam tubuh dengan cara bertindak sebagai antioksidan. Vitamin C terkandung dalam sayuran berwarna hijau dan buah-buahan.
Di samping penggolongan antioksidan di atas, ada pula senyawa lain yang dapat menggantikan vitamin E, yaitu flavonoid. Hal ini dikemukakan oleh Department of Environmental and Molecular Toxicology, Oregon State University. Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang terdapat pada teh, buah-buahan, sayuran, anggur, bir dan kecap. Aktivitas antioksidan flavonoid tergantung pada struktur molekulnya terutama gugus prenil (CH3)2C=CH-CH2-. Dalam penelitian menunjukkan bahwa gugus prenil flavonoid dikembangkan untuk pencegahan atau terapi terhadap penyakit-penyakit yang diasosiasikan dengan radikal bebas.
Dari penjabaran di atas, setidaknya kita telah dapat mengetahui berbagai sumber antioksidan berikut mengapa antioksidan diperlukan bagi kesehatan. Prevention is much better than curation, however. Jadi, mulailah dengan menjaga kesehatan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.
sumber : Dinna Sofia http://www.chem-is-try.org/?sect=artikel&ext=81
              http://safru.blogspot.com/2009/10/antioksidan-vs-radikal-bebas.html

Tahapan Berhenti Merokok

Untuk berhenti merokok, Anda harus punya niat yang kuat. Berhenti merokok bisa sukses kalau anda secara fisik dan mental siap menjalaninya. Jadi, menghentikan rokok memang tidak bisa semena-mena. Tahapan itu antara lain :
1. Membangkitkan motivasi. Pikirkanlah apa yang memotifasi anda untuk berhenti merokok. Keinginan untuk hidup sehat bisa menjadi alasan terbaik.
2. Tuliskan kekhawatiran-kekhawatiran anda tentang rokok. Apakah hal yang paling mengkhawatirkan anda? Apakah anda takut mengalami sakit karena rokok? Apakah anda menyayangi orang-orang disekitar anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu akan membantu anda mengambil keputusan.
3. Pikirkan keuntungan yang anda dapatkan bila anda berhenti merokok. Tanamkan pada diri anda bahwa anda mampu meraih semua itu.
4. Kuatkanlah ahati untuk menghadapi efek samping berhenti merokok. Tanamkan dibenak anda bahwa efek samping itu hanya sementara saja. Anda bisa menyakinkan diri bahwa semua itu akan ada manfaatnya. Mintalah dukungan dari keluarga atau teman dekat untuk mengatasi hal itu. Jadi, bila anda merasa stres karena tidak merokok, orang-orang dekat itu bisa menguatkan anda.
5. Tanamkan terus menerus didalam benak anda bahwa berhenti merokok lebih banyak manfaatnya daripada tetap merokok. Anda bisa memasang tulisan-tulisan kecil tentang perlunya berhenti merokok dilamari pakaian anda, di cermin kamar anda, di pintu kamar, di dalam dompet, di pintu kulkas,. Pokoknya ditempat dimana anda sering datang.
6. Kalau anda ingin berhenti merokok selamanya, tetapkan tujuan anda. Bagi tujuan besar anda menjadi tahapan-tahapan kecil sehingga anda merasa lebih ringan saat melakukannya.
7. Beri diri anda hadiah bila tujuan kecil itu tercapai. hadiah itu akan memacu diri anda untuk lebih baik. Agak sukar memang berhenti mendadak, anda harus melakukan tahapan-tahapan berhenti merokok. Awalnya anda harus mengurangi jumlah rokok yang anda bakar.
8. Siapkan diri anda bila anda jatuh lagi kejurang "rokok". Hal itu memang umum terjadi. Seorang pecandu rata-rata sembilan kali mencoba berhenti merokok sampai benar-benar berhasil. Jangan menyerah, tetapkan lagi niat anda untuk berhenti dan jalankan dengan baik. Semoga anda terbebas dari lilitan nikotin. (wr)

sumber : http://safru.blogspot.com/2009/06/tahapan-berhenti-merokok.html

Sensitifnya Perempuan Saat Akan Menstruasi

Seringkali muncul ungkapan ‘lagi dapat ya’ kepada perempuan jika ia terlihat gampang emosi dan terlalu sensitif. Benar sekali, sindrom pramenstruasi (PMS) dialami sebagian besar perempuan yang gejalanya antara lain tiba-tiba merasa kesal, ingin marah-marah, ditambah lagi muncul rasa kram di perut.

Beruntunglah jika gejala PMS yang wanita rasakan hanya sebatas ini. Dalam tingkatan yang lebih parah, beberapa wanita bahkan sampai pingsan ketika PMS datang.
Sindrom PMS, pada dasarnya, bukan penyakit, melainkan kumpulan reaksi tubuh.

Oleh para ahli kandungan, PMS dikatakan berkaitan erat dengan peningkatan dan ketidakseimbangan kadar hormon reproduksi, estrogen dan progesteron, di dalam tubuh menjelang menstruasi. Ini berarti, rasa sakitnya akan selalu muncul setiap kali menstruasi datang.

Menurut data dari The American College of Obstetricians and Gynecologists, hampir 70 persen wanita di seluruh dunia setiap bulannya mengalami PMS. Sekitar 14 persen dari wanita usia 20-35 tahun tidak seberuntung itu karena setiap kali PMS datang, mereka harus bed rest lantaran begitu hebatnya rasa sakit yang menyerang.

Mengapa rasa sakit PMS setiap wanita tidak selalu sama?
Menurut Dr. Guy E. Abraham, ahli kandungan dan kebidanan dari Fakultas Kedokteran UCLA, AS, PMS dibedakan menjadi empat tipe sesuai dengan tingkat keparahan dan kondisi hormonal dalam tubuh, yaitu PMS tipe A (60% wanita dunia), H (20%), C (10%), dan D (10%).

1. PMS Tipe A (anxiety)Gejala: rasa cemas, sensitif, mudah tersinggung, saraf tegang, perasaan labil. Beberapa wanita mengalami depresi ringan sampai saat mendapat menstruasi.
Pemberian hormon progesteron kadang dilakukan untuk mengurangi gejala ini, tetapi beberapa peneliti mengatakan, pada penderita PMS tipe ini bisa jadi kekurangan vitamin B6 dan magnesium.
Saran: banyak mengkonsumsi makanan berserat, jangan merokok, dan batasi asupan kafein yang berasal dari kopi, teh dan cokelat.

2. PMS Tipe C (craving)Gejala: Pusing, berkeringat dingin, sering merasa lapar, edema (pembengkakan) pada perut kembung, nyeri pada buah dada, tangan dan kaki serta terjadi peningkatan pada berat badan. Pembengkakan terjadi akibat berkumpulnya air pada jaringan di luar sel (ekstrasel) karena asupan garam atau gula yang tinggi. Gejala tipe ini dapat juga dirasakan bersamaan dengan tipe PMS lain.

Pemberian obat diuretika diketahui dapat meminimalkan retensi (penimbunan) air dan natrium pada tubuh akan membantu mengurangi gejala yang ada.
Saran: dianjurkan mengurangi asupan garam, gula, serta konsumsi cairan.

3. PMS Tipe D (depression)Gejala: merasa sedih, lupa, bingung, dan lapar ingin mengkonsumsi makanan yang manis (biasanya cokelat) dan karbohidrat sederhana (gula).
Pada umumnya sekitar 20 menit setelah menyantap gula dalam jumlah banyak, timbul gejala hipoglikemia seperti kelelahan, jantung berdebar, pusing kepala yang terkadang sampai pingsan. Hipoglikemia timbul karena pengeluaran hormon insulin dalam tubuh meningkat.

Dorongan untuk menyantap makanan manis disebabkan oleh stress dan kekurangan asam lemak esensial (omega 6), asam amino tyrosine, vitamin B6, atau magnesium. Biasanya PMS tipe D berlangsung bersamaan dengan PMS tipe A, hanya sekitar 3% dari seluruh tipe PMS benar-benar murni tipe D.

Saran: perbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau, biji-bijian, gandum dan kacang-kacangan, serta makanan yang mengandung asam lemak esensial linoleat (minyak biji tumbuhan, minyak sayur).

4. PMS Tipe H (hyperhidration)Gejala: penumpukan cairan tubuh, berat badan bertambah, payudara tegang dan terasa nyeri, ingin menangis, lemah, gangguan tidur, pelupa, bingung, sulit dalam mengucapkan kata-kata (verbalisasi), bahkan kadang-kadang muncul rasa ingin bunuh diri atau mencoba bunuh diri.
Saran: meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 dan magnesium dapat membantu mengatasi gangguan PMS tipe ini.

Sebenarnya, ada satu lagi tipe PMS, yaitu tipe P (pain). Gejalanya antara lain pegal-pegal, jerawat, rambut dan kulit berminyak berlebih, mual, muntah, dan lebih sensitif terhadap rasa nyeri.

Depresi ParahPada bentuk yang sangat berat, PMS bisa dimasukkan dalam kategori gangguan jiwa atau PreMenstrual Dysphoric Disorder (PMDD). Dalam hal ini, perubahan emosi yang terjadi mengarah pada depresi, perasaan tidak punya harapan, kemarahan, rasa cemas, turunnya kepercayaan diri, susah konsentrasi, gelisah, dan tegang.

Beberapa wanita dengan gangguan PMS berat harus waspada karena ada kemungkinan memiliki gangguan kejiwaan. Dan sudah jelas penanganannya tidak bisa dilakukan sendiri karena seorang yang mengalami PMDD kemungkinan memiliki niat bunuh diri.

Walaupun rasa sakitnya tidak akan hilang 100%, namun dengan mengubah beberapa kebiasaan, rasa sakit PMS bisa dikurangi sehingga Anda bisa tetap beraktivitas. Beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Hindari minuman berkafeinKopi, teh, dan minuman berkarbonasi adalah beberapa contoh minuman mengandung kafein, salah satu unsur kimia yang berperan menstimulan sistem syaraf.

2. Tidur cukupThe American Journal of Psychiatry memuat artikel yang mengatakan bahwa tidur selama 7-8 jam sehari dapat meminimalkan perubahan emosi menjelang haid.

3. Konsumsi unsur nutrisi yang tepatMenjelang menstruasi, disarankan mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks, seperti kentang, jagung, kacang polong, atau gandum, karena memicu produksi serotonin untuk meminimalkan perubahan emosi.

4. Rutin olahraga.Setiap kali berolahraga, terutama aerobik, tubuh akan memproduksi endorphin lebih banyak. Akibatnya kesehatan jantung lebih terjaga dan aliran darah lancar, sehingga meminimalkan migren, perubahan emosi dan menangkal lemas.

(sydh/dtc)

sumber : http://koranmuslim.com/sensitifnya-perempuan-saat-akan-menstruasi/

Menghindari Emosi Saat Menstruasi

Bagi Anda kaum perempuan terutama yang sudah beranjak dewasa, mentruasi adalah salah satu siklus yang harus Anda hadapi setiap bulannya. Dan sudah jadi rahasia umum, jika kaum perempuan yang sedang mengalami datang bulan (menstruasi), banyak mengalami perubahan hormon yang memengaruhi dirinya. Menurut jurnal online Massachusettes General Hospital dan Harvard Medical School, 85% perempuan mengalami banyak perubahan semasa menstruasi atau juga pada masa pra-menstruasi (PMS). Beberapa hal yang sering terjadi biasanya kaum perempuan merasa depresi, mudah marah, sensitif, dan berbagai kendala emosi lainnya.
Untuk itu, mengingat hal tersebut bukanlah “penyakit” tetapi lebih karena perubahan hormon dalam tubuh, sebenarnya tak ada hal yang perlu dikuatirkan. Namun, memang ada baiknya, karena masalah emosi sering berkaitan juga dengan orang di sekeliling—apalagi bagi perempuan karier—maka menurut The National Woman’s Health dari Departemen Kesehatan Amerika Anda perlu melakukan beberapa hal berikut, agar emosi tak mengganggu aktivitas Anda.
  • Lakukan sosialisasi dengan teman-teman. Banyak kasus di mana orang yang mudah emosi akan lebih mudah mengendalikan emosinya saat ia bisa menemukan orang yang tepat untuk diajak bicara. Karena itu, dengan bersosialisasi atau sekadar berbincang dengan kawan dekat akan mengurangi depresi atau stres yang timbul saat menstruasi.
  • Lakukan rileksi dengan berbagai terapi seperti meditasi, pemijatan, atau yoga. Rileksasi sejenak dari rutinitas akan membuat badan terasa lebih segar. Dengan begitu, tubuh akan lebih bisa menerima “tekanan” yang mungkin terjadi dengan cara yang lebih rileks sehingga Anda tak akan mudah emosi.
  • Istirahat atau tidur yang cukup, setidaknya 8 jam sehari. Istirahat yang cukup pada masa-masa menstruasi akan melancarkan sirkulasi tubuh dan aliran darah sehingga tubuh akan lebih bugar dan sehat sehingga tak mudah emosi.
  • Makan makanan bergizi seperti buah, sayur, dan daging, serta menjauhi rokok dan alkohol. Dengan asupan yang tepat, saat-saat menstruasi—yang kadang juga menyebabkan anemia —tubuh tetap mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dan zat penting yang dibutuhkan. Sehingga, tubuh tak akan menderita 5L yang acap kali sering membuat mudah emosi.
  • Perhatikan juga masa-masa menstruasi Anda. Dengan tahu persis kapan dan saat Anda akan menstruasi, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan jadwal untuk mengatur waktu kesibukan Anda. Dengan cara tersebut, Anda pun akan lebih mudah mengatur masa-masa mudah emosi untuk tidak melakukan pertemuan-pertemuan penting dengan relasi.
sumber: Inspirasisehat.com
             http://safru.blogspot.com/2010/07/menghindari-emosi-saat-menstruasi.html

Wednesday, March 23, 2011

Penyakit Asma (Asthma)

Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir.


  • Penyebab Penyakit Asma


  • Sampai saat ini penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti meski telah banyak penelitian oleh para ahli. Teori atau hypotesis mengenai penyebab seseorang mengidap asma belum disepakati oleh para ahli didunia kesehatan.

    Namun demikian yang dapat disimpulkan adalah bahwa pada penderita asma saluran pernapasannya memiliki sifat yang khas yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan (bronchial hyperreactivity = hipereaktivitas saluran napas) seperti polusi udara (asap, debu, zat kimia), serbuk sari, udara dingin, makanan, hewan berbulu, tekanan jiwa, bau/aroma menyengat (misalnya;parfum) dan olahraga.

    Selain itu terjadinya serangan asma sebagai akibat dampak penderita mengalami infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) baik flu ataupun sinisitis. Serangan penyakit asma juga bisa dialami oleh beberapa wanita dimasa siklus menstruasi, hal ini sangat jarang sekali.

    Angka peningkatan penderita asma dikaitkan dengan adanya faktor resiko yang mendukung seseorang menderita penyakit asma, misalnya faktor keturunan. Jika seorang ibu atau ayah menderita penyakit asma, maka kemungkinan besar adanya penderita asma dalam anggota keluarga tersebut.




  • Tanda dan Gejala Penyakit Asma


  • Adapun tanda dan gejala penyakit asma diantaranya :

    - Pernafasan berbunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas (exhalation). Tidak semua penderita asma memiliki pernafasan yang berbunyi, dan tidak semua orang yang nafasnya terdegar wheezing adalah penderita asma!
    - Adanya sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki (bronchiale).
    - Batuk berkepanjangan di waktu malam hari atau cuaca dingin.
    - Adanya keluhan penderita yang merasakan dada sempit..
    - Serangan asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.

    Pada usia anak-anak, gejala awal dapat berupa rasa gatal dirongga dada atau leher. Selama serangan asma, rasa kecemasan yang berlebihan dari penderita dapat memperburuk keadaanya. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.




  • Cara Menghindari Serangan Asma


  • Langkah tepat yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan asma adalah menjauhi faktor-faktor penyebab yang memicu timbulnya serangan asma itu sendiri. Setiap penderita umumnya memiliki ciri khas tersendiri terhadap hal-hal yang menjadi pemicu serangan asmanya.

    Setelah terjadinya serangan asma, apabila penderita sudah merasa dapat bernafas lega akan tetapi disarankan untuk meneruskan pengobatannya sesuai obat dan dosis yang diberikan oleh dokter.




  • Penanganan dan Pengobatan Penyakit Asma


  • Penyakit Asma (Asthma) sampai saat ini belum dapat diobati secara tuntas, ini artinya serangan asma dapat terjadi dikemudian hari. Penanganan dan pemberian obat-obatan kepada penderita asma adalah sebagai tindakan mengatasi serangan yang timbul yang mana disesuaikan dengan tingkat keparahan dari tanda dan gejala itu sendiri. Prinsip dasar penanganan serangan asma adalah dengan pemberian obat-obatan baik suntikan (Hydrocortisone), syrup ventolin (Salbutamol) atau nebulizer (gas salbutamol) untuk membantu melonggarkan saluran pernafasan.

    Pada kasus-kasus yang ringan dimana dirasakan adanya keluhan yang mengarah pada gejala serangan asma atau untuk mencegah terjadinya serangan lanjutan, maka tim kesehatan atau dokter akan memberikan obat tablet seperti Aminophylin dan Prednisolone. Bagi penderita asma, disarankan kepada mereka untuk menyediakan/menyimpan obat hirup (Ventolin Inhaler) dimanapun mereka berada yang dapat membantu melonggarkan saluran pernafasan dikala serangan terjadi.

    sumber : http://www.infopenyakit.com/2008/02/penyakit-asma-asthma.html

    Berapa Banyak Harus Minum Air Putih?

    Untuk menjaga kesehatan, manusia normal harus mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Dan untuk perokok harus lebih dari itu. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, misalnya air seni, keringat, pernapasan dan sekresi.
    Tubuh akan menurun kondisinya bila kekurangan air. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4 persen cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 persen. Dan bila kita kehilangan 7 persen, tubuh kita akan mulai merasa lemah dan lesu.
    Semakin banyak aktivitas kita, semakin banyak pula air yang terkuras dari tubuh kita. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar kita jangan hanya minum bila terasa haus. Biasakanlah untuk banyak minum, tak peduli sedang haus atau tidak.
    Jika Anda berada di ruang ber-AC, Anda harus minum lebih banyak karena udara yang dingin akibat AC akan membuat tubuh Anda lebih cepat mengalami dehidrasi.
    Berikut ini beberapa manfaat minum air putih dalam jumlah yang cukup:
    1. Tubuh lebih bugar
    2. Kulit tidak cepat kering, sehingga akan terlihat lebih sehat, segar, dan bercahaya.
    3. Memperlancar sistem pencernaan – Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.
    4. Menyehatkan jantung, dan sebagai obat stroke.
    5. Memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati.
    6. Untuk kesuburan – yakni meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.Menurut penelitian, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat.
    7. Menguruskan badan – Minum air hangat sebelum makan (sampai merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Jadi kalau mau kurus, minum air putih saja.
    8. Efek relaksasi – Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal, rendamlah kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam.
    Air, Darah, Ginjal, dan Otak
    Perlu diketahui, 80 persen tubuh kita terdiri dari air. Bahkan ada dua bagian tubuh kita yang memiliki komponen air di atas 80 persen: otak dan darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90 persen, sementara darah memiliki komponen air 95 persen.
    Jika air yang kita konsumsi kurang, tubuh akan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri. Dimulai dari komponen yang paling dekat, darah. Lantaran air dalam darah disedot untuk keperluan tubuh, maka darah akan menjadi kental sehingga perjalanannya ke seluruh tubuh menjadi kurang lancar.
    Sebagai akibatnya, ginjal – yang berfungsi menyaring racun dari darah – akan sangat menderita, karena harus menyaring darah yang kental. Tak jarang bahkan akan terjadi perobekan pada glomerulus ginjal.
    Jika ini terjadi, tandanya air seni Anda akan berwarna kemerahan, yang berarti saringan ginjal Anda mulai bocor. Jika anda tetap ‘cuek’ dan tidak melakukan sesuatu untuk menghentikan kebocoran ini, siapkanlah uang minimal 400 ribu seminggu. Untuk apa? Untuk cuci darah.
    Disamping itu, jika darah yang kental ini mengalir lewat otak, perjalanannya pun juga tidak akan lancar seperti halnya ketika melewati ginjal. Akibatnya, sel-sel otak akan cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila Anda juga mengidap penyakit jantung, maka Anda bisa terserang stroke sewaktu-waktu.
    Tanda Kekurangan Air
    Bagaimana mengetahui kalau konsumsi air kita kurang? Cara yang paling sederhana adalah dengan melihat warna air seni kita.
    1. Warna air seni kuning pekat, biasanya berbau tidak sedap, pertanda dehidrasi berat. Solusi : jangan tunggu lebih lama, jika perlu buat program khusus untuk kecukupan konsumsi air Anda setiap hari.
    2. Warna air seni kekuning-kuningan, pertanda dehidrasi ringan. Solusinya perbanyak minum air.
    3. Warna air seni putih bening, pertanda konsumsi air minum kita dalam batas normal. Solusinya : tetap minum air.
    Terapi Air Putih
    Saat ini banyak dikenal berbagai jenis terapi kesehatan. Namun ada satu jenis terapi yang mudah sekali melakukannya, yakni terapi minum air putih. Terapi ini sehat sekali dan dapat mendorong penyembuhan berbagai penyakit, seperti kencing manis, asma, bronchitis, mencret, tbc, rematik, batu ginjal, kurang darah, darah tinggi, ambeien, sembelit, batuk, radang tenggorokan, dan sebagainya. Terapi ini sejak dulu telah dilakukan oleh nenek moyang. Mereka menyebutnya “usha paana chikitsa”.
    Caranya, pagi hari ketika bangun tidur minumlah 1,5 liter air putih, atau kira-kira 5 sampai 6 gelas. Lebih baik lagi kalau ditakar terlebih dahulu sebanyak 1.5 liter. Setelah itu Anda boleh cuci muka. Dan ingat, jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1.5 liter air ini. Dan juga, jangan minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya.
    Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum 1.5 liter air sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa. Untuk latihan, Anda boleh minum 4 gelas terlebih dulu dan sisanya diminum dua menit kemudian. Awalnya Anda akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, tapi setelah beberapa lama, Anda akan normal kembali.
    Menurut penelitian dan pengalaman, penyakit-penyakit berikut ini dapat disembuhkan dengan terapi ini, dalam rentang waktu sebagai berikut.
    TBC paru-paru    -    3 bulan
    Sembelit     -    1 hari
    Kencing manis     -    7 hari
    Tekanan  darah  tinggi  -    4 minggu
    Kanker    -    4 minggu
    Asam Urat    -    2 hari
    Untuk penderita radang / sakit persendian dan rematik, disarankan melaksanakan terapi ini tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan selama satu minggu, setelah itu dua kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

    sumber : http://abdurrosyid.wordpress.com/2009/08/01/berapa-banyak-harus-minum-air-putih/

    Tuesday, March 22, 2011

    SOA (Service Oriented Architecture)



    Apakah SOA itu?
    SOA atau Service Oriented Architecture adalah istilah di dunia TI yang banyak dibicarakan. Sesuai dengan namanya SOA adalah sebuah pendekatan dalam merancang (arsitek) suatu aplikasi dengan menggunakan kembali (reuse) komponen-komponen yang sudah ada sebelumnya. Dalam hal ini, komponen-komponen tersebut memberikan suatu jenis layanan bisnis (service) tertentu seperti antara lain: mengecek credit rating, mencari data customer, mengecek status inventori, melakukan transfer dana, dan lain sebagainya.

    Dengan kata lain,SOA adalah sebuah arsitektur kerangka kerja berbasis standar terbuka yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk saling mengintegrasikan data yang sebelumnya hanya tersimpan rapat di markas para pelanggan, mitra, atau pemasok.Dengan kata lain,SOA merupakan arsitektur yang mendukung integrasi bisnis sebagai layanan yang terhubung dan menjadi jalan menuju inovasi.(SOA juga menjadi strategi bisnis berbasis teknologi dan hasil evolusi untuk mengintegrasi berbagai sumber informasi dari sumber kode atau platform yang berbeda-beda)
    Sebagai contohnya,Anda seorang eksekutif yang sedang bepergian ke luar negeri. Saat membongkar barang bawaan di kamar hotel, Anda baru sadar ternyata charger untuk laptop dan PDA Anda ketinggalan. Parahnya, wireless USB yang berfungsi untuk saling bertukar data antara handphone, PDA dan laptop Anda juga ikut tertinggal.
    Anda tidak perlu khawatir, karena melalui sebuah alat khusus yang disediakan hotel, semua gadget anda masih tetap bisa saling bertukar data. Anda juga bisa mengisi semua baterai gadget Anda tanpa dipusingkan oleh charger yang ketinggalan.Alat khusus tersebut bisa dibilang bekerja dengan menggunakan pendekatan Service Oriented Architecture (SOA). Pada kasus Anda, SOA bekerja untuk menghilangkan hambatan-hambatan interaksi antar gadget (HP, PDA, dan laptop) serta perbedaan konektor ke sumber daya utama.
    Melihat deinisi SOA di atas,nampak sekali bahwa istilah SOA sangat kental terkait dengan sektor pengembangan aplikasi dari TI. Tidak bisa dipungkiri, perangkat lunak aplikasi adalah aset TI yang terpenting yang memungkinkan TI memberikan dukung-annya terhadap bisnis yang dijalankan perusahaan.

    Tanpa perangkat lunak aplikasi, bank, pabrik dan perusahaan penyedia jasa tidak dapat beroperasi. Dan usaha untuk memelihara dan mengembangkan aplikasi yang ada agar tetap dapat mendukung perkembangan usaha yang semakin dinamis adalah suatu usaha yang menggunakan sumber daya TI yang paling besar baik dari sisi waktu maupun biaya. Jadi, apakah yang membuat SOA sedemikian menarik bagi para pengambil kebijakan TI?

    Karakteristik dari SOA

    Seperti yang dideinisikan diatas,SOA adalah suatu cara perancangan aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen atau pelayanan yang sudah ada.Dengan kata lain, suatu aplikasi dibangun secara modular. Sebenarnya pendekatan modular ini bukanlah sesuatu yang baru. Teknik - teknik pemrograman masa kini seperti object oriented programming, telah mengedepankan pendekatan modular dalam pembangunan aplikasi. Namun yang membuat SOA berbeda adalah komponen atau service tersebut dibangun dan berinteraksi satu sama lain secara bebas dan lepas (loose coupled).
    Dengan bersifat loose coupled, sebuah service dapat di-panggil oleh program/service lainnya tanpa program pemanggil tersebut perlu memperhatikan di mana lokasi service yang dipanggil berada dan platform/teknologi apa yang digunakan oleh service tersebut. Loose coupling sangat penting bagi SOA karena dengan demikian pemanggilan sebuah service oleh service lainnya dapat dilakukan pada saat run-time.

    Misalnya sebuah aplikasi core banking menyediakan sebuah service Fund Transfer, maka aplikasi-aplikasi banking lainnya seperti treasury, payment gateway, ATM switching dan sebagainya dapat memanggil service Fund Transfer tersebut tanpa perlu memusingkan di mana Fund Transfer tersebut berada di dalam jaringan dan teknik pemanggilan yang harus digunakan.Hal ini kontras dengan pendekatan tight coupling di mana dalam hal ini setiap aplikasi perbankan di atas masing-masing harus mempunyai fungsi Fund Transfer di dalamnya sehingga akan menyulitkan dan membutuhkan biaya/resource besar jika perlu merubah logic dari Fund Transfer ke requirement bisnis yang baru di dalam setiap aplikasinya.
    Karakteristik lainnya adalah service dalam SOA disusun atas 2 hal: Service Interface dan Service Implementation.

    Service Interface menyatakan bagaimana service tersebut dapat dipanggil seperti parameter input/output dan lokasi ia berada. Misalkan, service interface untuk Customer Lookup menyatakan berbagai cara untuk mendapatkan informasi tentang seorang ustomer (dari id customer atau nama dan sebagainya) dan struktur data customer yang dikembalikan. Service Implementation adalah bagaimana logic dari service Customer Lookup tersebut dijalankan.

    Service implementation sangat terkait dengan teknologi pemrograman yang digunakan. SOA tidak perlu memperdulikan bagaimana sebuah service diimplementasikan.
    Entah ditulis dengan bahasa Java atau COBOL, yang penting adalah bagaimana service tersebut dapat dipanggil dan memberikan informasi sesuai dengan Service Interface-nya.
    Karakteristik SOA yang terakhir adalah service tersebut harus business oriented. Dalam arti, setiap service yang didiinisikan harus melakukan suatu aktiitas bisnis tertentu, misalkan Customer Lookup, Fund Transfer, Check Inventory, dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa keberhasilan SOA belakangan ini ikut dimotori oleh tingginya penerimaan teknologi web services di kalangan pengembang aplikasi. Walaupun ide tentang SOA telah ada sebelum web services dilahirkan, web services dan SOA saat ini telah menjadi suatu si-nergi dan bahkan beberapa kalangan menganggap dengan menggunakan web services maka ia telah menerapkan SOA.

    KETERANGAN DAN GAMBAR SOA
    Service Oriented Architecture (SOA) adalah sebuah permodelan perangkat lunak yang dibangun dengan pendekatan service oriented. Service oriented sendiri merupakan sebuah pendekatan yang memiliki visi ideal di mana setiap resource dari perangkat lunak terpartisi secara bersih satu sama lain [1]. Setiap resource ini disebut dengan service. Service ini merepresentasikan sebuah business logic atau automation logic dalam sebuah sistem besar. Setiap service memiliki otonomi sendiri yang membuatnya tidak tergantung satu sama lain. Setiap service dapat berkomunikasi satu sama lain melalui sebuah protokol yang sudah terstandardisasi sehingga memudahkan untuk melakukan integrasi service baru dan penyusunan ulang kumpulan service disebabkan proses bisnis yang berubah.
    Gambar 1 Bagaimana service mengenkapsulasi logic

    Saat ini, SOA merupakan sebuah solusi yang baik untuk permodelan sistem di perusahaan atau organisasi besar. Sebab, permodelan ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya:
    1. Dapat menyatukan berbagai sistem yang memiliki platform berbeda, seperti J2EE dan .NET. sebab dengan pendekatan ini, yang pengembang akan memilih untuk membangun sebuah layer di atas sistem – sistem tersebut yang dapat saling berkomunikasi dengan pesan yang sudah distandardisasi, misalnya menggunakan teknologi XML. Dalam sudut pandang SOA, kedua sistem itu masing-masingnya akan dianggap sebagai service.
    2. Tahan terhadap perubahan. Perusahaan atau organisasi besar seringkali berubah struktur untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja. Akibatnya, perangkat lunak juga terkena imbas untuk menyesuaikan diri terhadap proses bisnis yang baru. Permodelan perangkat lunak dengan SOA akan mengurangi effort untuk modifikasi perangkat lunak tersebut. Sebab, karena seluruh logic dari sistem sudah terpartisi secara bersih menjadi sekumpulan services, kita hanya perlu menyusun ulang seluruh service tersebut dan jika perlu menambahkan yang baru. Hal ini jelas mengurangi biaya.

    Web Services seringkali dikaitkan atau bahkan disamakan dengan SOA. Namun sebenarnya keduanya adalah hal yang sangat berbeda. SOA adalah sebuah konsep untuk pengembangan perangkat lunak, sementara Web Services adalah sebuah aplikasi web yang berinteraksi dengan aplikasi web lainnya untuk pertukaran data. Pembangunan SOA tidak harus menggunakan Web Services, sebab ada bermacam-macam teknologi lain yang memungkinkan, tapi menggunakan Web Services untuk membangun sebuah sistem SOA adalah langkah yang baik.



    sumber : http://subari.blogspot.com/2008/03/soa-service-oriented-architecture.html

    Monday, March 21, 2011

    Pengenalan – Arsitektur yang berorientasi layanan (SOA – Service Oriented Architecture)

    Pengenalan SOA dalam bentuk 5 Roll
    Roll pertama : SOA
    Service-oriented architecture (SOA) adalah sebuah paradigma untuk realisasi dan pemeliharaan proses bisnis yang besar dan menjangkau sistem terdistribusi. Hal ini didasarkan pada tiga konsep teknis utama:
    1. Layanan (Service)
    2. Interoperabilitas melalui ESB (Enterprise Service Bus)
    3. Keterikatan yang renggang (Loose Coupling)
    Untuk lebih jelasnya mari saya jelaskan satu-persatu bagaimana 3 hal diatas tersebut:
    • Sebuah layanan (service) adalah bagian dari bisnis yang mandiri secara fungsionalitas. Bisa jadi merupakan fungsi sederhana (menyimpan atau mengambil data pelanggan), atau kompleks (suatu proses bisnis untuk pesanan pelanggan). Karena layanan berkonsentrasi pada nilai bisnis dari sebuah antarmuka, dimana layanan dapat menjembatani usaha atau mengurangi kesenjangan TI.
    • Sebuah Enterprise Service Bus (ESB) adalah suatu infrastruktur yang memungkinkan interoperabilitas tinggi antara layanan sistem yang terdistribusi. Itu memudahkan untuk mendistribusikan proses bisnis-proses bisnis pada beberapa sistem yang menggunakan berbeda platform dan teknologi (multi-platform/hybrid dan monolithic).
    • Loose coupling adalah sebuah konsep sistem untuk mengurangi ketergantungan (interdependency) dari suatu sistem, karena seluruh proses bisnis dapat didistribusikan kepada beberapa backend sekaligus, disini sangat menjadi penting utk diperhatikan bahwa meminimalisir efek dari suatu perubahan dan kegagalan. Jika tidak modifikasi sistem akan sangat beresiko terhadap keseluruhan lansekap sistem.
    Roll kedua :: Policies and Processes (Kebijakan-kebijakan dan Proses-proses)
    Sistem Terdistribusi bukanlah teknis semata, namun Sistem Terdistribusi dapat merubah cara kerja suatu perusahaan seperti: Memperkenalkan suatu fungsi baru adalah bukan merupakan suatu assignment terhadap suatu spesifik departemen dan tugas spesifik saja, namun sekarang sudah merupakan beberapa tugas kombinasi utk beberapa sistem, dimana sistem ini membutuhkan team utk berkolaborasi satu sama lainnya.
    Sebagai konsekuensinya adalah kita harus segera mendefinisikan secara jelas roles, policies dan processes. Dimana proses-proses tersebut adalah termasuk tapi tidak terbatas dalam mendefinisikan service-lifecycle dan mengimplementasikan model-driven dalam membangun suatu layanan. Sebagai tambahan anda harus melakukan set-up terhadap beberapa proses membangun software terdistribusi.

    Roll ketiga ::: Web Service
    Web Service adalah suatu cara dalam merealisasikan aspek teknis dari SOA (Notes: Namun SOA tidak hanya aspek teknis saja SOA lebih dari itu).
    Implementasi Web Service haruslah disesuaikan dalam beberapa hal, seperti berikut ini:
    1. Menggunakan Web Service Standard, web service yang sudah distandarisasi oleh W3C dan OASIS
    2. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang mengacu kepada loose couple modul dari sistem
    3. Dapat melakukan re-use terhadap beberapa service yang sering digunakan dengan menerapkan Shared-Service
    4. Web Service tidak tepat utk dilakukan pada sistem yang menggunakan high-speed transaction, cobalah menggunakan messaging yg native.
    5. Hindari koneksi point-to-point integrasi karena akan menciptakan masalah dikemudian hari.
    6. Gunakan Enterprise Service Bus (ESB) dalam mengimplementasi koneksi Web Service sehingga dapat mengimplementasikan secara penuh SOA Governance dimana pada ESB terdapat Service Management, Penetapan SLA dan QoS dari service-service yang telah dideploy pada ESB.
    Roll keempat :::: SOA in Practice
    Ada quote menarik :
    In theory, theory and practice are the same. In practice, they are not.
    —L. Berra
    Tentu saja quote tersebut juga berlaku untuk SOA, dimana General Business Case dan konsep tidak dapat bekerja seperti yang diharapkan ketika beberapa faktor seperti performansi dan keamanan menjadi suatu issue. Pada contoh simple realitanya bahwa SOA adalah merupakan suatu strategi untuk existing sistem yang mana dalam kondisi under-maintenance (pemeliharaan) dan mempunyai issue dalam masalah performansi dan kestabilan sistem.
    Pada suatu IT, bahwa setiap sistem itu berbeda maka konsekuensinya adalah anda harus membangun SOA yang spesifik, anda tidak dapat membelinya, utk membangun dan membentuknya, anda perlu waktu dan suatu metode yang mengacu pada suatu lifecycle : approach -> incremental dan small iteratif.
    Sebagai catatan: Bagaimanapun anda memperkenalkan pentingnya SOA, namun jangan hanya hal yg pentingnya saja, Yang tepat adalah apakah solusi tersebut sesuai dengan kebutuhan konteksnya dan requirementnya anda.
    Roll kelima ::::: SOA Governance and Management Support.
    Yang paling penting dalam SOA aspek adalah menemukan pendekatan yang tepat dan sejumlah governance dibawah ini:
    • Anda membutuhkan central team dimana ini akan menjadi Center of Excellent (CoE), dimana tugasnya adalah dapat menentukan beberapa aspek umum dari spesifikasi SOA anda. Namun sebagai Ultimate goalnya adalah melakukan de-sentralisasi (dimana ini merupakan sebuah kunci dari sistem yang besar dan kompleks), maka anda haruslah menemukan dan menentukan keseimbangan antara centralization-decentralization, jika anda menemui sistem seperti itu gunakan cara memecah (de-couple) dan melakukan re-arrange dan re-coupling lagi disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya agar menghindari duplikasi fungsi, juga dapat melakukan re-use terhadap komponen-komponen atau fungsi-fungsi yang sering digunakan dan memisahkannya kedalam Shared-Service sementara yang bersifat core dan unik dapat stay dalam lingkungan backend aplikasi.
    • Anda memerlukan orang yang tepat, dimana sistem yang besar dan kompleks adalah berbeda dgn sistem yang sederhana dan kecil, maka pilihlah orang yang sangat mengenal dan berpengalaman dengan sistem tersebut.
    • First thing first, jangan memulai dengan level Management Service, anda memerlukan management jika Service/layanan sudah banyak. jangan memulai dengan pendekatan dimana mendahulukan design utk seluruh service atau mendahulukan service pada level infrastuktur, itu harus dilakukan bersama ketika sedang berkembang ketika sedang tumbuh dan berproses maka anda dapat memikirkan solusi utk melakukan improvement terhadap service-service tersebut dan menyelesaikan issue-issue yang terkait dengan problem-problem yang sedang berjalan pada service tersebut.
    • Last but not least, anda harus mendapatkan support dari CEO dan CIO ini sangat penting agar SOA yang anda rancang dan implementasikan dapat berjalan tanpa ada hambatan, alasannya adalah karena SOA merupakan suatu strategy yang melibatkan perusahaan secara keseluruhan, dapatkan support dan yakinkan konsep SOA anda ke mereka guna mendapatkan waktu dan biaya dalam mengimplementasikan SOA anda. Bukan investasi besar untuk jangka pendek yang tepat utk SOA namun investasi pada jangka panjang, memotong budget SOA tidaklah bijaksana dimana nantinya akan me-lead anda pada jurang kehancuran/kegagalan.
    sumber : http://miftahfauzy.wordpress.com/2010/03/03/84/

    Sunday, March 20, 2011

    Integrasi Sistem dan Manfaatnya

    Integrasi Sistem

    Dalam suatu pengelolaan data, informasi, dan aplikasi, dibutuhkan adanya integrasi yang saling terkait dan berkesinambungan. Dalam hal ini ada 2 integrasi yang dilakukan, yaitu integrasi data dan integrasi proses.

    Integrasi data merupakan proses penyatuan data untuk menjaga integritas data, mencegah duplikasi dan mencegah redundansi. Hal ini terutama untuk data-data yang menjadi referensi dari suatu aplikasi.

    Manfaat  Integrasi Sistem

    IT integration mampu menjawab berbagai permasalahan umum yang sering terjadi di organisasi. Diantaranya adalah duplikasi data yang mengakibatkan integritas dan validitas data sulit terjaga. Selain itu kondisi aplikasi yang berbeda mengharuskan re-entry data di masing-masing aplikasi. Perubahan proses bisnis yang tidak dapat segera disesuaikan dengan perubahan pada aplikasi juga menjadi suatu hambatan bagi organisasi untuk menyajikan informasi yang cepat, tepat dan akurat.

    Integrasi proses memiliki keuntungan dalam mempertahankan legacy aplikasi yang sudah berjalan, dan memberikan value-added terhadap hal tersebut dengan mengintegrasikannya dengan aplikasi lain.

    Integrasi juga memungkinkan penambahan suatu fitur dari aplikasi yang sudah ada, tanpa harus merombak total struktur aplikasi yang lama. Hal ini akan lebih hemat dari sisi cost dan lebih cepat dari sisi development dibandingkan harus membuat suatu aplikasi utuh yang baru.

    Peningkatan kemampuan dalam berkompetisi adalah salah satu manfaat dari IT Integration. Manfaat-manfaat lain yang dapat dirasakan adalah layanan yang konsisten, penurunan biaya transaksi, dan kemudahan teknologi  informasi dalam beradaptasi terhadap perubahan bisnis.



    sumber : http://integratingyours.teknoglobal.co.id/solutions/it-integration/

    Friday, March 18, 2011

    Perusahaan menggunakan ERP System

    List Perusahaan yang menggunakan ERP System
    1. Ace Indoritel Perkakas
    2. Ace Hardware Indonesia
    3. Adira Sarana Armada
    4. Airfast Indonesia
    5. Akari Indonesia
    6. Akzo Nobel Indonesia
    7. Alpharma
    8. Amoco Mitsui Indonesia
    9. Anak Jaya Bapak Sejahtera
    10. Aneka Gas Industri
    11. Aneka Kimia Raya
    12. Aneka Tambang Tbk.
    13. Anta Tirta Kirana
    14. Anugrah Argon Medica
    15. Anugrah Pharmindo Lestari
    16. Apac Citra Centertex Tbk.
    17. Apac Inti Corpora
    18. Aqua Golden Missisipi Tbk.
    19. Aquaproof
    20. Areva / Alstom
    21. Arisa Mandiri Pratama
    22. Artolite Indah Mediatama
    23. Arun NGL
    24. Asahimas Chemical
    25. Asahimas Flat Glass Tbk.
    26. Asia Pulp and Paper Ind.
    27. Astari Niagara Internasional
    28. Astra Agro Lestari Tbk.
    29. Astra Daihatsu Motor
    30. Astra Graphia Tbk.
    31. Astra Honda Motor
    32. Astra International Tbk.
    33. Astra Otopart Tbk.
    34. Astra Sales Operation
    35. Astra Sedaya Finance
    36. Asuransi Allianz Utama Indonesia
    37. Asuransi Astra Buana
    38. Asuransi Jasa Tania Tbk.
    39. Asuransi Wahana Tata
    40. Ateja Tritunggal Corporation
    41. Austindo Group
    42. Auto Serasi Raya
    43. Avery Dennison
    44. Bank Bali
    45. Bank BRI Tbk.
    46. Bank Commonwealth
    47. Bank Internasional Indonesia
    48. Barito Pacific Timber Tbk.
    49. BAT Indonesia Tbk.
    50. Belfoods Indonesia
    51. Bentoel International Tbk.
    52. Betts Indonesia
    53. BHP Coated Steel
    54. Bimantara Citra Tbk.
    55. Bukaka Singtel Int.
    56. Bukit Muria Jaya
    57. Cahaya Sakti Multi Intraco
    58. Campina
    59. Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
    60. Chevron
    61. Chuhatsu Indonesia
    62. Clariant Indonesia
    63. Combiphar
    64. Conoco Indonesia
    65. CSM Corporatama
    66. Cussons Indonesia
    67. DaimlerChrysler Indonesia
    68. Damen Shipyard Singapore
    69. Danapaints
    70. Delta Jakarta
    71. Dexa Medica
    72. Dharma Polimental
    73. DKSH
    74. Domusindo
    75. Dos Ni Roha
    76. Dynamitra Tarra
    77. Dynaplast Tbk.
    78. Ecco Indonesia
    79. Effem Indonesia
    80. Eisai Indonesia
    81. Eka Dharma Jaya Sakti
    82. Ekamant
    83. Energizer Battery
    84. Enseval Megatrading
    85. Epsindo
    86. Erha Dermatology Group
    87. Essar Dhananjaya
    88. Eurindo Combined
    89. Exelcomindo Pratama Tbk.
    90. Federal International Finance
    91. Federal Motor
    92. Ferron Par Pharmaceutical
    93. Firmenich Indonesia
    94. Fuchs Indonesia
    95. Garuda Indonesia
    96. Gaya Motor
    97. General Motor Indonesia
    98. Geo Dipa Energi
    99. Goodyear Tire Indonesia Tbk.
    100. Grup APP
    101. Grup Blue Bird
    102. Grup Harisma
    103. Grup Ristra
    104. Grup Tritama
    105. GS / Incoe Astra
    106. Gunung Garuda
    107. Hartono Istana Technology
    108. Henkel Indonesia
    109. HM Sampoerna Tbk.
    110. IDS Manufacturing Indonesia
    111. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk.
    112. Indoalumunium Intikarsa Industri
    113. Indofarma Tbk.
    114. Indofood Sukses Makmur Tbk.
    115. Indomobil Suzuki International
    116. Indonusa Computer System
    117. Innovasi Sarana Grafindo
    118. International Coating
    119. Inti Keramik Alamasri Industri Tbk.
    120. Intraco Penta Tbk.
    121. Jakarta International Container Terminal
    122. Japfa Comfeed Ind.
    123. Jawamanis Rafinasi
    124. Jembo Cable Company Tbk.
    125. KAO Indonesia
    126. Kalbe Farma Tbk.
    127. Karya Prajona Nelayan Group
    128. Kimia Farma Tbk.
    129. Kokoh Inti Arebama
    130. Krakatau Steel
    131. Lautan Luas Tbk.
    132. Lipposhop dot com
    133. Lotus Indah Textile Industries
    134. Maitland Smith
    135. Mandala Medika Utama
    136. Mandala Multifinance Tbk.
    137. Matahari Putra Prima Tbk.
    138. Matsushita Lighting
    139. Matsushita Semiconductor
    140. Mayora Indah Tbk.
    141. Mecoindo Schlumberger
    142. Medco Energi Internasional Tbk.
    143. Medco Holdings
    144. Meiji Indonesia
    145. Mekar Armada Jaya
    146. Mensa Bina Sukses
    147. Merpati Airlines
    148. Metrodata Electronics Tbk.
    149. Millenium Pharmacon International Tbk.
    150. Mitra Global Telekom. Ind.
    151. Mulia Industrindo Tbk.
    152. Multisaka Mitra
    153. National Panasonic Gobel
    154. Natra Raya
    155. Newmont Pasifik Nusantara
    156. Nokia Indonesia
    157. Novartis Biochemie
    158. Nutrifood Indonesia
    159. Otsuka Indonesia
    160. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk.
    161. PAL Indonesia
    162. Pamapersada Nusantara
    163. Panen Lestari (SOGO)
    164. Panggung Electric Corporation
    165. Pantja Motor
    166. Parit Padang
    167. Pelangi Cimandiri Textile
    168. Pelita Air Service
    169. Perfetti Van Melle
    170. Permodalan Nasional Madani
    171. Pertamina
    172. Petrokimia Gresik
    173. Phapros
    174. Pindo Deli
    175. PLN
    176. PP London Sumatera Tbk.
    177. Pramindo Ikat Nusantara
    178. Prima Alloy Steel Universal Tbk.
    179. Prima Hexal
    180. Procter & Gamble Indonesia
    181. Pulogadung Pawitra Laksana
    182. Pupuk Kujang
    183. Pupuk Sriwidjaya
    184. Rajawali Nusantara Indonesia
    185. Rodamas
    186. Royal Doulton
    187. Sandimas Reksakeramika
    188. Sara Lee Indonesia
    189. Sarana Prima Telemindo
    190. Sari Husada Tbk.
    191. Saritama Food Processing
    192. Satelit Palapa Indonesia
    193. Sayap Mas Utama
    194. Sellular Shop
    195. Semen Bosowa
    196. Semen Gresik Tbk.
    197. Semen Padang
    198. Sentra Indologis Utama
    199. Serasi Autoraya
    200. Sharp Yasonta Indonesia
    201. PT Sibayakindo
    202. Siemens Indonesia
    203. Sierad Produce Tbk.
    204. Sinar Meadow Intl Indonesia
    205. Sinar Niaga Sejahtera
    206. Skypak International
    207. Smak Snak
    208. Smart Tbk.
    209. SOHO Industri Pharmasi
    210. Spindo
    211. Star Motors Indonesia
    212. Sumi Rubber Indonesia
    213. Superior Coach
    214. Surya Hidup Satwa
    215. Surya Toto Indonesia Tbk.
    216. Swaharma Duta Data
    217. Tambang Batubara Bukit Asam Tbk.
    218. TEAC Electronic Ind.
    219. Telekom Indo Primabhakti
    220. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
    221. Telekomunikasi Selular
    222. Tempo Scan Pacific Tbk.
    223. Tempo Trading
    224. Tempuran Emas Tbk.
    225. Textron Fastening Systems
    226. Thiess Contractors Indonesia
    227. Thomson Indonesia
    228. Tigaraksa Satria Tbk.
    229. Timah Tbk.
    230. PT Tirta Investama
    231. Topjaya Antariksa Elektronics
    232. Topjaya Sarana Utama
    233. Total E&P
    234. Toyota Astra Motor
    235. Trakindo Utama
    236. Trans Pacific Petrochem
    237. Tri Dharma Wisesa
    238. Tri Polyta Indonesia
    239. Trikomsel Multimedia
    240. Trisula Corporation
    241. Tugu Pratama Indonesia
    242. Tunas Financindo Sarana
    243. Tunggal Idaman Abdi
    244. Tyco Electronics (PT Dulmison Indonesia)
    245. Ultrajaya Milk & Trading Tbk.
    246. Unilever Indonesia Tbk.
    247. Unindo
    248. United Tractor Tbk.
    249. Van Melle Indonesia
    250. Video Display Gas Ind.
    251. WOM Tbk.
    252. Westside Agritama
    253. Wiraswasta Gemilang Indonesia
    254. YPF Maxus
    255. Zyrexindo Mandiri Buana

      Sumber : http://insidewinme.blogspot.com/2008/02/perusahaan-menggunakan-erp-system.html

    ERP (Entreprise Resource Planning) & Implementasi Sistem Informasi berbasis ERP

    ERP (Entreprise Resource Planning)
    ERP adalah sistem terpadu yang mengintegrasi dan mengotomatisasikan proses-proses bisnis yang harus diselesaikan. Khosrow-Pour, 2006.  ERP menjadikan struktur suatu organisasi lebih fleksibel, tanggung jawab manajerial menjadi lebih terpantau, peran kerja setiap pengguna menjadi lebih jelas, hasilnya perusahaan menjadi lebih adaptif, lebih bagus kinerjanya dan pekerjanya menjadi lebih mudah untuk merencanakan dan mendapatkan bisnis baru.
    Menurut Monk dan Wagner, 2009, ERP dapat meningkatkan performance proses bisnis, ERP  membantu mengintegrasikan operasional perusahaan melalui aplikasi terintegrasi suatu software yang databasenya dapat digunakan oleh semua departemen di perusahaan tersebut. Contoh dari ERP adalah SAP, Oracle, People Soft, Baan.
    ERP berkembang dari Manufacturing Resource Planning (MRP II) dimana MRP II sendiri adalah hasil evolusi dari Material Requirement Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya. Sistem ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice dan akuntasi perusahaan. ERP sering disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk e-Commerce, Customer Relationship Management (CRM), e-Government dan lain-lain.
    Implementasi system informasi berbasis ERP
    Penerapan ERP merubah proses bisnis  dan system informasi yang ada, karena ERP melingkupi seluruh bagian dari perusahaan, maka bila ERP tidak berjalan, dapat terjadi kelumpuhan operasional pada perusahaan. Champ et al. (2004) menyatakan bahwa ERP bukanlah tentang mengganti system software yang ada, tetapi ERP adalah tentang me-re-engineering dan mentransformasi penerapan bisnis menjadi best business practices.
    Sehingga Champ et al., 2004, menyatakan bahwa penerapan ERP yang berhubungan dengan system informasi dimulai dari system environment -nya yang mencakup :
    • Suitability of software dan hardware; paket ERP bersifat umum, sehingga bila bisnis perusahaan bersifat unik maka untuk dapat memanfaatkan ERP semaksimal mungkin perusahaan harus menggunakan software dan hardware yang sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan
    • Ketepatan data, karena data di satu modul akan mempengaruhi data di modul yang lain, maka ketidaktepatan data akan memberikan hasil yang salah / error. Oleh karena itu akurasi data sangat diperlukan (Duchessy, 1999; Sum et al., 1997)
    Perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat memerlukan penyajian data secara instan dalam bentuk kuantitas dan kualitative yang tidak dapat disediakan oleh system informasi tradisional; oleh karena itu Persson dan Stirna (XXX) menekankan setelah menerapkan  ERP yang mampu memberikan pandangan bisnis menyeluruh dari suatu informasi dan dari suatu arsitektur teknologi informasi, harus dilakukan :
    • Regular update / upgrade untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, produktifitas dan permintaan user; sehingga konsistensi dan integritas data  pada seluruh modul dapat dipertahankan
    • Knowledge management system (KMS), system informasi yang mendukung inisiatif  KMS  akan meningkatkan kemungkinan perusahaan mencapat tujuannya
    • Integrated Management Information System,  penggabungan informasi lama dan baru, pengolahan informasi secara real time, distribusi informasi yang tepat; untuk mendukung pengambilan keputusan.
    Lebih lanjut dikatakan (Persson, Stirna, XXX) Kontribusi ERP terhadap   manajemen kualitas   adalah:
    • Quality management solutions
    • Entreprise performance management solutions
    • HRM Solutions
    Dan implementasi system informasi yang berbasis ERP dapat terlihat pada:
    • Customer Relationship Management (CRM); menstimulasi kepuasan pelanggan, memaksimalkan penjualan yang efisien, mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan konsumen yang unik, mengurangi biaya pelayanan, mengakselerasi komersialisasi ide, membagi informasi tentang konsumen keseluruh perusahaan; sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan.
    • Supply Chain Management (SCM), real time information, menghubungkan informasi bisnis kepada supplier, mendapatkan harga, kualitas, lead time dan pelayanan terbaik dari supplier, informasi terdokumentasi dengan baik
    • Electronic Document Management (EDM); dapat ditransformasi ke luar perusahaan, informasi dapat diolah dengan lebih baik
    • File Management (FM); versi terupdate yang akan diakses oleh pengguna, workflow yang teritegrasi dan proses approval yang lebih ringkas.
    • Service Management (SM); solusi total untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan dan kepuasan pelanggan
    • Product Lifecycle Management (PLM); mengurangi biaya, meningkatkan kualitas dan mempercepat pengiriman produk ke pasar, informasi produk dapat di oleh pada siklus apa saja, sehingga semua pihak dapa merespon dengan lebih cepat
    • E-Learning; pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih strategis, meningkatkan kinerja, partisipasi pelatihan karyawan dapat dimonitor selalu, informasi produk dapat diperoleh secara konsisten
    • Workflow Management System; membantu perusahaan untuk mendapatkan,  menyimpan dan mengkatalogkan informasi.
    Sumber : http://mygreenworld.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/07/12/erp-entreprise-resource-planning-implementasi-sistem-informasi-berbasis-erp/